Logo TK

Visi dan Misi TKIT

A. Visi dan Misi TKIT

Visi TKIT

Menjadi  Lembaga   Pendidikan Islam Percontohan Berbasis  Dakwah Yang  Berwawasan Lingkungan Dan Berorientasi Global.

Misi TKIT
  1. Menyelenggarakan Pendidikan Islam Terpadu Yang Berkualitas.
  2. Membentuk Karakter Siswa Yang Sholeh, Cerdas, Dan Kreatif.
  3. Menyelenggarakan Pendidikan Yang Berbudaya Lingkungan.

B. Implementasi Visi  dan  Misi TKIT

Implementasi  Visi

Lembaga  Ini  Menjadi   Lembaga  Pendidikan Islam Percontohan  Memiliki  Arti :

  1. Menjadikan Ajaran Islam Sebagai Landasan Utama.
  2. Menjadikan Sistem Pendidikan Islam Sebagai Sistem Pendidikan Yang Diaplikasikan Dan Dikembangkan.
  3. Menjadikan Al Qur’an Dan  As  Sunnah Sebagai Pedoman Utama.
  4. Menjadi Acuan (Model) Bagi Lembaga Pendidikan Lainnya Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah Yang Ideal.
  5. Menjadi Acuan Dalam Hal Pengelolaan Sdm, Kurikulum, Kesiswaan, Sarana-Prasarana, Keuangan, Kehumasan, Organisasi, Program, Kesekretariatan, Dan Layanan Khusus.
  6. Menjadikan Seluruh Proses Kegiatan Sekolah Berorientasi Pada Mutu.
  7. Mengedepankan Teladan Yang Baik Dalam Membentuk Karakter Siswa.

Lembaga Ini Berbasis Dakwah  Memiliki Arti :

  1. Dakwah Menjadi Penggerak Berbagai Aktifitas Yang Dilakukan Oleh Setiap Personil Lembaga.
  2. Dakwah Yang Dilakukan Dengan Lisan, Tulisan, Dan Perbuatan Harus Dapat Menyentuh Diri Kita Sendiri, Keluarga, Sekolah, Yayasan, Siswa, Orangtua, Dan Masyarakat.

Lembaga Ini Berwawasan Lingkungan Memiliki Arti:

  1. Lembaga Ini Peduli Untuk Menciptakan Lingkungan Yang Bersih, Asri, Hijau, Dan Nyaman.
  2. Lembaga Ini Peduli Terhadap Program Yang Berkaitan Dengan Lingkungan.
Implementasi Misi

Lembaga Ini Menyelenggarakan Pendidikan Islam Terpadu  Memiliki Arti :

  1. Memberikan Materi Setiap Pelajaran Yang Diberikan Sentuhan Nilai-Nilai Ruhiyah (Keislaman).
  2. Memadukan Aspek Afeksi, Kognisi, Dan Psikomotor Bagi Para Siswa.
  3. Menyinergikan Antara Sekolah, Siswa, Orangtua, Pemerintah, Dan Masyarakat.

Lembaga Ini  Berkualitas Memiliki Arti :

  1. Manajemen Sdm Yang Profesional Dengan Memiliki Skill, Kompetensi, Dan Spesifikasi Dengan Selalu Melakukan Pembinaan Dan Upgrading.
  2. Manajemen Kurikulum Yang Sesuai Ajaran Islam, Standar Nasional, Berbasis Lingkungan, Dan Sesuai Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.
  3. Manajemen Kesiswaan Yang Efektif, Efisien, Dan Optimal Dalam Pengelolaan Input, Proses, Dan Output.
  4. Manajemen Sarana Prasarana Yang Efektif, Efisien, Optimal, Dan Ramah Lingkungan.
  5. Manajemen Keuangan Yang Transparan, Efisien, Dan Akuntable.
  6. Manajemen Kehumasan Yang Memiliki Hubungan Timbal Balik Positif, Harmonis, Dan Optimal Dengan Masyarakat.
  7. Manajemen Organisasi Yang Efektif  Dan Sistematis.
  8. Manajemen Program Yang Terencana, Menarik, Efektif, Dan Sistematis.
  9. Manajemen Kesekretariatan Yang Efektif Dan Sistematis.
  10. Manajemen Layanan Khusus Yang Menunjang Kegiatan Sekolah Secara Optimal.

Lembaga Ini Membentuk Karakter Siswa Yang Sholeh, Cerdas, Dan Kreatif Yang Memiliki Arti :

  1. Sholeh
  2. Kompetensi Keimanan (Spiritual)
  • Memiliki Aqidah Yang Bersih

(A)    Meyakini Keesaan Alloh Dan Meningkatkan Keimanan Kepada-Nya.

(B)    Melakukan Amal Perbuatan Dengan Ikhlas.

(C)    Mengimani Dan Mengetahui Rukun Iman.

(D)    Mensyukuri Nikmat Yang Diberikan Alloh Swt.

(2)       Melakukan Ibadah Yang Benar

(A)    Membiasakan Melaksanakan Sholat Fardhu Dengan Baik.

(B)    Membiasakan Membaca,Menghafal, Dan Mengamalkan Al Qur’an.

(C)    Membiasakan Memberikan Infak / Shodaqoh.

(D)   Membiasakan Melakukan Shaum Di Bulan Ramadhan.

(E)    Membiasakan Berzikir, Berdo’a, Dan  Mengamalkan  Adab-Adab Harian.

  1. Kompetensi Kepribadian (Attitude)

(1)       Memiliki Kepribadian Yang Matang

(A)    Menghormati Dan Menyayangi Orangtua Dan Guru.

(B)    Memiliki Sikap Lemah Lembut Dan Kasih Sayang Kepada Orang Lain.

(C)    Memiliki Akhlak Yang Baik Terutama Dalam Sikap Dan Ucapan.

(D)    Menerapkan Berbagai Adab Sehari-Hari Dengan Baik.

(E)    Membiasakan Selalu Menutup Aurat.

(F)     Membiasakan Selalu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Dan Santun (5s).

(G)    Menyayangi Hewan Dan Tumbuhan Sebagai Makhluk Alloh.

(H)    Memiliki Sikap Optimis, Percaya Diri, Dan  Tidak Mudah Menyerah.

(I)      Memiliki Sikap Tawadhu Atau Rendah Hati Tanpa Merendahkan Diri.

(2)       Mengendalikan Diri Dengan Sungguh-Sungguh

(A)    Menjauhkan Diri Dari Perbuatan Haram Dan Dosa.

(B)    Menjauhkan Diri Dari Akhlak Yang Tercela.

(C)    Menjaga Diri Dari Pergaulan Dengan Lawan Jenis.

(D)    Menjaga Diri Dari Tontonan Dan Hiburan Yang Tidak Bermanfaat.

(E)    Mengendalikan Nafsu Dan Emosi Dengan Baik.

 

  1. Cerdas
  2. Kompetensi Kesiswaan (Responsibility)

(1)       Memiliki Pengetahuan Yang Baik Dan Cerdas

(A)    Menunjukkan Semangat Bersungguh-Sungguh Dalam Belajar.

(B)    Memiliki Kegemaran Dan Kebiasaan Membaca Dan Menulis.

(C)    Memiliki Nilai Akademik Yang Baik.

(D)   Memiliki Keberanian Bertanya Dan  Berpendapat  Yang Baik.

(E)    Memiliki Pemahaman Terhadap Al Qur’an Dan As Sunnah.

(F)    Menguasai Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.

(G)    Memiliki Wawasan Keislaman Yang Baik

(H)   Mampu Membaca Al Qur’an Dengan Tajwid Dan Makhroj Yang Baik.

(2)       Memiliki Fisik Yang Sehat Dan Kuat

(A)    Membiasakan Menjaga Kebersihan Diri, Pakaian, Dan Lingkungan.

(B)    Memiliki Semangat Dan Kegemaran Berolahraga.

(C)    Membiasakan Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Sehat.

(D)    Membiasakan Tidur Tidak Larut Malam Dan Bangun Saat Subuh.

  1. Kompetensi Pembelajaran (Managerial)

(1)       Memiliki Keteraturan Dalam Melakukan Aktifitasnya

(A)    Membiasakan Rapi Dalam Penampilan Dan Berpakaian.

(B)    Membiasakan Tertib, Rapi, Dan Disiplin Di Sekolah Dan Di Rumah.

(2)       Mengoptimalkan Waktu Yang Dimiliki

(A)    Membiasakan Pengaturan Waktu Belajar Dan Bermain Yang Baik.

(B)    Membiasakan Mengisi Waktu Dengan Hal-Hal Yang Bermanfaat.

(C)    Membiasakan Hadir Di Sekolah Tepat Waktu.

(D)    Membiasakan Melaksanakan Sholat Fardhu Di Awal Waktu.

(E)    Membiasakan Mengawali Dan Mengakhiri Kegiatan Tepat Waktu.

  1. Kreatif

(1)    Memiliki Manfaat Bagi Yang Lain

Kompetensi Sosial (Transformation)

(A)    Membiasakan Peduli Terhadap Lingkungan Rumah Dan Sekolah.

(B)    Membiasakan Memberi Bantuan Kepada Yang Membutuhkan.

(C)    Membiasakan Selalu Mendo’akan Kebaikan Kepada Orang Lain.

(D)   Menjaga Kebersihan Dan Menyimpan Sampah Pada Tempatnya.

(E)    Membiasakan Menjenguk Teman Yang Sakit.

(2)    Memiliki Kemandirian

(A)    Membiasakan Melakukan Aktifitasnya Tanpa Dibantu Orang Lain.

(B)    Membiasakan Untuk Selalu Menabung.

(C)    Melakukan Aktifitas Harian Tanpa Harus Selalu Diperintah.

Lembaga Ini Menyelenggarakan Pendidikan Yang Berbudaya Lingkungan Memiliki Arti :

  1. Semua Warga Sekolah
  1. Semua Warga Sekolah Harus Dapat Menerapkan Wawasan Dan Budaya Lingkungan Untuk Diaplikasikan Dalam Kehidupan Sehari-Hari.
  2. Semua Warga Sekolah Terlibat Aktif Dalam Kegiatan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  3. Semua Warga Sekolah Harus Merawat Dan Memelihara Sarana Prasarana, Gedung, Dan Lingkungan Sekolah Dengan Sebaik-Baiknya.
  4. Semua Warga Sekolah Dapat Memanfaatkan Lahan Dan Sarana Prasarana Sekolah Sebaik-Baiknya Sesuai Kaidah Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  1. Siswa
  1. Siswa Terlibat Aktif Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  2. Siswa Dapat Menghasilkan Karya Yang Terkait Lingkungan Hidup.
  3. Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstra Kurikuler Yang Berkaitan Dengan Lingkungan Hidup.

 

  1. Kurikulum
  1. Kurikulum Yang Disusun Memuat Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Dan Pencegahan Kerusakan Lingkungan Hidup
  2. Kurikulum Yang Disusun  Mengembangkan Isu Lokal Dan Isu Global Dalam Materi Pembelajaran.
  3. Kegiatan Pembelajaran Melibatkan Siswa Secara Aktif.
  4. Kegiatan Pembelajaran Diharapkan Dapat Diaplikasikan Dalam Pemecahan Masalah Lingkungan Di Sekolah.
  5. Kegiatan Pembelajaran Didokumentasikan Dan Dipublikasikan Melalui Mading Sekolah, Pameran, Dan Media Masa.

 

  1. Sarana-Prasarana
  1. Menyediakan Sarana Prasarana Untuk Mengatasi Permasalahan Lingkungan Hidup Di Sekolah.
  2. Menyediakan Sarana Prasarana Untuk Mendukung Pembelajaran Berkaitan Lingkungan Hidup.
  3. Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah Yang Ramah Lingkungan.
  4. Membuat Sistem Dan Mekanisme Pengelolaan Serta Pemeliharaan Sarana Prasarana.
  5. Melakukan Efisiensi Dalam Penggunaan Energi Seperti Listrik Dan Air.
  6. Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Kantin Sekolah Dengan Menyediakan Makanan Dan Minuman Yang Sehat Dan Halal, Serta Tempat Yang Bersih Dan Nyaman
  1. Tujuan

Tujuan Yang Ingin Dicapai Lembaga Pendidikan Ini Ialah :

  1. Terwujudnya Pengelolaan Lembaga Yang Mengacu Standar Nasional Dan Internasional.
  2. Terciptanya Pengelolaan Lembaga Yang Profesional Dan Berkualitas Dalam Sistem Manajemen Mutu Yang Terpadu.
  3. Terbinanya Peserta Didik Menjadi Insan Yang Soleh, Cerdas, Dan Kreatif Yang Memberi Manfaat Dan Maslahat Bagi Umat Manusia.
  4. Terwujudnya Komitmen Terhadap Proses Dan Hasil Kerja Yang Optimal Dan Bermutu.
  5. Terlibatnya Semua Unsur Sekolah Dalam Mendukung Tercapainya Tujuan Lembaga Atau Sekolah.
  6. Terwujudnya Ukhuwah Islamiyah Yang Baik Dalam Semua Unsur Yang Terlibat Dalam Pengelolaan Lembaga Atau Sekolah.
  7. Tumbuhnya Budaya Profesionalisme Yang Tinggi Di Kalangan Guru Dan Pegawai.
  8. Terciptanya Lembaga Pendidikan Yang Kondusif, Aman, Dan Nyaman Bagi Semua Unsur Sekolah.
TKIT – Visi dan Misi